Rencana Program Pembelajaran-Ekonomi Rekayasa | Ir. Donny Marga Mangitung, M.Sc, Ph.D

Rencana Program Pembelajaran-Ekonomi Rekayasa

Rencana Program Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS)

Program Studi S1-Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil  Fakultas Teknik

Universitas Tadulako

Silahkan diunduh RPP di tautan berikut: https://www.dropbox.com/s/j9j261gtul2q7mt/RPPP-Ekonomi-Rekayasa2010.pdf?dl=0 Ekonomi Rekayasa

 

  1. Nama Matakuliah   : Ekonomi Rekaysa
  2. Kode/SKS             : SI64241/2 SKS
  3. Semester                : IV
  4. Prasyarat                : -
  5. Status Matakuliah   : Wajib

Deskripsi  Matakuliah:

Ekonomi rekayasa yang diterjemahkan dari engineering economy merupakan pelajaran wajib dalam kurikulum baku program S1 Teknik Sipil yang materinya mencakup pembelajaran tentang konsep dan analisis dasar dasar nilai arus kas yang dikaitkan dengan nilai uang dan waktu, teknik analisis suatu investasi suatu proyek, perbandingan kelayakan investasi lebih dari satu proyek. dengan berbagai macam teknik.

 

Tujuan Pembelajaran:

  1. Mengetahui dan memahami dasar-dasar dalam ekonomi teknik dan prinsip-prinsipnya
  2. Menganalisis bagaimana arus kas dikaitkan dengan bunga dan waktu;
  3. Menganalisis berbagai macam ekivalensi nilai uang dan waktu ;
  4. Menganalisis kelayakan proyek investasi tunggal maupun perbandingan lebih dari satu proyek investasi; dan
  5. Menganalisis depresiasi, titi impas dan sensitifitas proyek investasi.

 

 

Metode dan Kode Etik Pembelajaran:

Pembelajaran

Pembelajaran akan dititikberatkan pada peran aktif mahasiswa sebagai pusat pembelajaran. Pembelajaran didesain dalam tiga bagian yang melibatkan peran aktif mahasiswa yaitu, pertama ceramah dan tanya-jawab antara dosen-mahasiswa. Kedua, diskusi kelas dimana mahasiswa secara aktif menyelenggarakan presentasi dan diskusi. Ketiga, tugas-tugas pekerjaan rumah yang akan dibahas di kelas (keaktifan mahasiswa mempunyai bobot tersendiri, lihat komponen penilaian).

Pekerjaan Rumah

Tugas pekerjaan rumah akan diberikan secara rutin pada setiap akhir pembahasan suatu topik dan harus dikumpulkan pada setiap awal temu kelas berikutnya.

Diskusi

Mahasiswa diharapkan membuat kelompok diskusi untuk mempersiapkan presentasi hasil-hasil pekerjaan rumah dan mampu menjelaskan apa yang sudah dikerjakan atau ditugaskan.

Kuis

Selama satu semester akan diadakan beberapa kali tes/kuis secara mendadak, dengan bahan berupa materi yang telah dibahas pada kuliah sebelumnya maupun materi kuliah yang baru akan dibahas pada saat itu. Dalam rencana kuliah, kuis disebutkan secara tentative.

Kehadiran

Mahasiswa wajib hadir di kelas minimal 75% dari total kehadiran, apabila tidak hadir harus ada keterangan yang jelas yang menjelaskan ketidakhadiran tersebut. Keterlambatan mahasiswa hanya dibolehkan selama 5 menit, keterlambatan setelah itu mahasiswa dianggap tidak masuk.

Kode etik

Segala kecurangan (cheating, plagiat, copy-paste) tidak akan ditoleransi, dan apabila terbukti melakukan perbuatan tersebut maka akan didiskualifikasi dari kelas ini.

 

Hasil Setelah Pembelajaran (Learning Outcome):

Mahasiswa diharapkan setelah menyelesaikan pemeblajaran matakuliah ini, dapat memahami, menjelaskan dan memaparkan tentang dasar dan konsep eknomomi rekaysa, serta mampu menganalisis aspek kelayakan investasi proyek bidang keteknik-sipilan dari aspek finansial atau ekonomi.

Komponen Penilaian:

Penilaian akan ditentukan berdasarkan lima komponen berikut ini (bobot dapat berubah):

1). Ujian tengah semester (UTS)                       20%                 4). Partisipasi                10%

2). Ujian akhir semester (UAS)             20%                 5). Kuis                        10%

3). Tugas  (Pemecahan masalah, Presentasi, Paper)       40%

 

Konversi nilai angka ke nilai huruf, sesuai bobot komponen, adalah sebagai berikut:

            A         à        >80                              D         à        >44 - 55

            B         à        >69 – 80                      E          à        < 44

            C         à        >55 – 69

 

Referensi/Daftar Pustaka:

Mangitung, D.M. (2009), “Ekonomi Rekayasa”,Untad Press, Palu

Ardalan, A. (2000) Economic and Financial Analysis for Engineering and Project Management. Pennsylvania, USA: Technomic Publishing Company.

Newnan, D. G., Eschenbach, T. G. & Lavelle, J. P. (2004) Economic engineering analysis. 9th ed. New York, USA: Oxford Universit Press.

Pilcher, R. (1992) Principles of construction management. 3rd ed. London: McGraw-Hill Inc.

 

 

 

Rencana Pembelajaran

Kuliah

Kompetensi dasar

Indikator pencapaian hasil

Materi Pokok

Kegiatan pembelajaran

Evaluasi

1.

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan prinsip ekonomi rekayasa

Mahasiswa mampu menjelaskan kegunaan ekonomi rekayasa

Materi dan rencana pembelajaran;

Pengenalan konsep dasar ekonomi rekayasa

Ceramah dan tanya-jawab

Pertanyaan secara acak ke mhs

2-4

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep dasar nilai uang dan waktu

Mahasiswa mampu menganalisis arus kas, bunga, pembayaran tunggal

  • Arus kas
  • Bunga sederhana & majemuk
  • Metode ekivalensi nilai uang
  • Analisis pembayaran tunggal (nilai sekarang, masa datang, ekivalensi suku bungan, peraturan 72)

Ceramah, latihan dan tanya-jawab

Pertanyaan secara acak ke mhs, pekerjaan rumah

5-7

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep uang dan waktu lanjutan

Mahasiswa mampu menganalisis pembayaran deret seragam, deret bertingkat aritmatik dan deret bertingkat geometrik

 

 

Teknik analisis pembayaran

  • Compound amount
  • Sinking fund
  • Series present worth
  • Capital recovery
  • Deret bertingkat aritmatik
  • Deret bertingkat geometrik

Ceramah, latihan dan tanya-jawab

Pertanyaan secara acak ke mhs, pekerjaan rumah, kuis

8

Ujian Tengah Semester

9-11

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep  kelayakan investasi proyek tunggal

Mahasiswa mampu menganalisis kelayakan investasi proyek tungal dengan beberapa macam teknik

Teknik analisis kelayakan investasi

  • Net Present Value
  • Equivalent Annual Value
  • Internal Rate of Return
  • Discounted Payback Period

Ceramah, latihan dan tanya-jawab

Pertanyaan secara acak ke mhs, pekerjaan rumah

12-15

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perbandingan kelayakan investasi 2 proyek atau lebih

Mahasiswa mampu menganalisis perbandingan kelayakan investasi 2 proyek atau lebih

Teknik analisis kelayakan investasi:

  • Net Present Value
  • Equivalent Annual Value
  • Internal Rate of Return

Ceramah, latihan dan tanya-jawab

Pertanyaan secara acak ke mhs, pekerjaan rumah, kuis

16

Pembahasan ringkasa keseluruhan materi